JEJAGU.COM

Satellite Ionosphere


China

TEC Real Time

Russia Total TEC

Total TEC Kemarin

Germany

TEC Waktu Nyata

Total TEC

Total TEC Kemarin

NASA (US)

TEC Waktu Nyata

Australia

TEC Waktu Nyata


Asia


Indonesia

Total TEC Kemarin

Indonesia Jatim

TEC Waktu Nyata

Malaysia

TEC Waktu Nyata

Malaysia

TEC Waktu Nyata
×

Ionosfer Bumi


Ionosfer bumi menjadi lebih relevan bagi masyarakat manusia dengan ketergantungannya pada teknologi modern, karena akurasi posisi dan navigasi, serta kualitas telekomunikasi dipengaruhi oleh kondisi cuaca ionosfer dari luar angkasa, atmosfer bumi, dan litosfer. Ionosfer secara signifikan adalah lingkungan yang sangat bervariasi yang menunjukkan variasi yang signifikan dengan variasi ketinggian, lintang, bujur, diurnal, dan musiman serta aktivitas matahari dan geomagnetik. Variabilitas ini muncul dari kopling, penundaan waktu, dan mekanisme umpan balik yang melekat dalam sistem ionosfer-termosfer, serta dari efek matahari, antarplanet, magnetosfer, dan mesosfer, stratosfer, troposfer, dan bahkan proses litosfer. Variasi distribusi kerapatan elektron ionosfer dapat mempengaruhi banyak aktivitas manusia dan sistem seperti mengganggu sistem komunikasi, menurunkan kinerja sistem navigasi dan pengintaian. Variasi ini disebut juga iklim ionosfer dan cuaca ionosfer.


Iklim ionosfer, yang biasanya merupakan fitur keseluruhan yang dirata-ratakan selama beberapa tahun atau dekade, memberi tahu kita tentang kondisi ionosfer bumi yang normal, berjangka panjang, dan lebih permanen. Sebaliknya, cuaca ionosfer adalah variasi jangka pendek dalam hitungan menit hingga minggu. Ilmuwan mempelajari iklim ionosfer untuk mencari pemahaman tentang pentingnya perubahan cuaca ionosfer yang cepat, yang berdampak kritis pada sistem komunikasi dan navigasi, dengan memperkirakan keberangkatan dari kondisi iklim. Meskipun teknik pengamatan ionosfer dan model ionosfer telah mengalami perkembangan yang cukup besar selama beberapa dekade, pemantauan dan peramalan yang akurat untuk kondisi cuaca ionosfer masih menghadirkan tantangan yang berat. Dalam beberapa dekade terakhir, cuaca antariksa ionosfer menjadi lebih relevan bagi masyarakat manusia, dengan ketergantungan pada akurasi navigasi dan kualitas telekomunikasi, yang dipengaruhi oleh kondisi ionosfer. Oleh karena itu, diperlukan sistem yang digunakan untuk merekonstruksi distribusi kerapatan elektron untuk memantau variasi dalam waktu dekat dan meramalkan cuaca ionosfer dalam masyarakat modern ini. Namun, tidak seperti ramalan cuaca meteorologi, yang telah dikembangkan dan dioperasikan selama lebih dari 50 tahun, pemantauan dan ramalan cuaca ionosfer baru mulai dikembangkan.

Total Electron Content (TEC)


Peta global kandungan elektron total ionosfer (TEC) diproduksi dalam waktu nyata "Real Time" (RT) dengan memetakan pengamatan GPS yang dikumpulkan dari stasiun bumi. Peta-peta ini dibuat untuk menguji akuisisi data waktu nyata, fasilitas pemantauan, dan teknik pemetaan. Pemetaan RT TEC dapat memberikan kalibrasi ionosfer yang akurat untuk sistem navigasi.

Peta-peta ini juga digunakan untuk memantau cuaca ionosfer, dan untuk menyiarkan badai ionosfer yang sering terjadi menanggapi aktivitas di angin matahari dan magnetosfer bumi serta termosfer.

Server Satelit Ionosfer yang digunakan sebagai pembanding ialah : Server Australia, China, Jerman, Jepang USA, Russia.

Copyright © 2021 MasBenny